Pengenalan Komponen Sistem Komputer



Lintasgaul - Tak kenal maka tak sayang. Gimana mau pinter komputer kalau nggak kenal bagian-bagian dari komputer? Benar tidak sob?


Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan mengenalkan bagian-bagian dari komponen sistem komputer (tentu saja buat yang belum kenal dong).


Secara sederhana, komponen sistem komputer dapat dipahami sebagai komponen-komponen atau elemen-elemen yang saling terkait dan seling bekerja sama sehingga komputer dapat berfungsi dengan baik, yaitu; dapat dapat menerima data, mengolah data, dan memberikan informasi, yang semuanya terkoordinasi dalam kontrol program yang tersimpan di memori.


Komponen pada sistem komputer ini terdiri atas beberapa perangkat yang dapat digolongkan menjadi empat kategori, yaitu perangkat keras, perangkat lunak, komponen data, dan komponen komunikasi.


1. Perangkat Keras

Perangkat keras (bahasa linggis-nya hardware sob) merupakan komponen-komponen fisik komputer, maksudnya bisa dilihat dan disentuh sob (kalau dipukul ke kepala pasti benjol tu kepala).


Komponen ini terbagi menjadi tiga kategori sob, yaitu; unit pemrosesan terpusat, perangkat masukan, dan perangkat keluaran.


1. Unit Pemrosesan Terpusat (Central Processing Unit = CPU)

CPU dikenal sebagai otak dari komputer karena semua perintah yang dimasukkan pengguna komputer diproses pada perangkat ini sob.


2. Perangkat masukan (Input devices)

Fungsi dari perangkat ini adalah untuk memasukkan data (input) yang akan diproses menjadi informasi (keluaran / output). Yang termasuk perangkat masukan adalah mouse, keyboard, pointing device, touch screen, digitizer grapich tablet, scanner, dan microphone.


3. Perangkat keluaran

Fungsi dari perangkat ini adalah untuk melihat hasil dari proses input (masukan). Yang termasuk perangkat keluaran adalah monitor, printer, dan speaker.


2. Perangkat Lunak

Perangkat lunak (bahasa linggis-nya softaware sob) merupakan komponen sistem komputer yang tidak dapat dilihat bentuk fisiknya dan tidak dapat disentuh (cuma bentuk gambar di monitor aja sob).

Perangkat lunak terdiri atas dua macam sob, yaitu; sistem operasi dan sistem aplikasi.

Yang termasuk sistem oprasi adalah Linux, Windows, dan Mac OS.

Sementara itu, yang termasuk sistem aplikasi, antara lain Open Office, aplikasi multimedia, dan aplikasi game.


3. Komponen Data

Merupakan komponen yang akan diproses oleh sistem komputer menjadi informasi. Bentuk data bermacam-macam, salah satunya berupa angka.


4. Komponen komunikasi

Komponen ini juga terdiri atas dua macam sob, yaitu; hardware dan software.

Yang termasuk hardware dalam komponen komunikasi, antara lain NIC (network interface card), modem, dan saluran komunikasi (wire cable, saluran telpon, fiber optic cable, dan wireless technology).

Sementara itu, software dalam komponen komunikasi digunakan untuk membangun saluran antar komputer yang saling terhubung dan mengontrol aliran data.


Selamat berkenalan ya sob! Jangan sampai jatuh cinta lho. :/

Komentar