Cara Mempercepat Kinerja Komputer Anda



Lintasgaul - Langsung saja ya sob. :)


1. Meminimalisasi waktu booting

A. Lokasi Booting

Secara default, biasanya computer akan memeriksa floopy terlebih dahulu. Rubahlah dengan masuk ke BIOS dengan menekan Del setelah perhitungan memory dilakukan. Lalu pada opsi FirtsBoot Device pilih harddisk di mana Anda meletakkan operating system. Misalnya "harddisk" Dengan cara ini, komputer tidak akan memakan waktu lagi mencari lokasi booting, tapi langsung ke harddisk tempat operating system disimpan.


B. Disable Komponen yang tidak dipakai

My computer => properties => hardware => klik Device Manager => pilih komponen yang tidak lagi terpakai dengan Klik kanan dan pilih disable.


C. Kurangi Font

control panel => font => buang yang tidak dibutuhkan.


D. Hilangkan Layar Loading

Start Menu => Run => ketik msconfig => Ok

Setelah itu pada opsi / NOGUIBOOT berikan tanda centang. Perubahannya layar tidak menampilkan logo windows pada proses booting, hanya layar hitam.


E. Kurangi Waktu Setelah Booting

My Computer => pilih manage => expan Service and Application => Pada daftar service => klik dua kali Workstation => pada dropdown box Star Up type pilih Disable.


2. Matikan/disable indeks services

Go to Start => Settings => Control Panel => Double-click Add/Remove Programs => the Add/Remove Window => Components => Uncheck the Indexing services => Next


3. Optimisme display setting

Terlalu banyak gambar akan memakan sumber resource system.

Go to Start => Settings => Control Panel => System => Advanced => costume => hapus centang pada pilihan berikut (Show shadows under menus, Show shadows under mouse pointer, Show translucent selection rectangle, Use drop shadows for icons labels on the desktop, Use visual styles on windows and buttons, atau terserah pada anda)


4. Mempercepat browser folder

Open My Computer => on Tools menu => on Folder Options => on the View tab, Uncheck the Automatically search for network folders and printers check box => Apply => Ok


5. Matikan Service yang Tidak Perlu

My Computer => pilih manage => expan Service and Application => Pilih yang tidak diperlukan => pada dropdown box Star Up type pilih Disable


6. Matikan start up

A. Masuk start menu

Start => All Programs => Startup => hapus semua item yang tidak diperlukan


B. Masuk msconfig

Start => Run => ketik msconfig => pilih tab Startup => hapus semua centang yang tidak diperlukan


C. Bersihkan regedit

Start => Run => ketik regedit => HKEY_LOCAL_MACHINE => SOFTWARE => Microsoft => Windows => CurrentVersion => Run => hapus entry yang tidak diperlukan


D. Bersihkan juga

HKEY_CURRENT_USER => Software => Microsoft => Windows => CurrentVersion =>Run


7. Mempercepat tampilan menu

start menu => run => ketik regedit => windows registry editor akan muncul => cari HKEY_CURRENT_USER => klik tanda [ ] untuk melihat submenunya => control panel => desktop => (HKEY_CURRENT_USER [-] => control panel [-] => desktop => menu show delay => rubah valuenya dengan yang anda suka ( semakin kecil angkanya semakin cepat )


8. Perhatikan Visual Grafis

Efek efek visual grafis komputer kita sering kali memberatkan kinerja komputer PC kita. Oleh karena itu kita harus memilih antara mementingkan visual grafis/tampilan dari komputer kita atau lebih mementingkan kualitas dan performa dari komputer PC kita.

Klik kanan icon My Computer => Klik Kanan => Properties => (Tab) Advance => (Performance => Setting) => Visual Effect


9. Hindari Program-program Tidak Berguna

► Uninstall program-program yang tidak berguna

Control Panel => Add or Remove Programs


► Lakukan Disk Cleanup

Disk Cleanup ini akan membersihkan file-file bekas yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat space hardisk kita

My Computer => C: (sesuai dengan hardisk yang kita ingin bersihkan) => Klik Kanan => Properties => Disk Cleanup


► Defragment Hardisk Berkala

Defragment ini juga bisa membersihkan hardisk dari data-data yang tidak berguna sehingga jika kita melakukan defragment hardisk ini akan menambah free space hardisk kita.

My Computer => C: (sesuai dengan hardisk yang kita ingin bersihkan) => Klik Kanan => Properties => (tab) Tools => Defragment Now


10. Melakukan Tweaking dengan Software

Banyak software yang tersedia yang mampu meningkatkan performa komputer kita. Diantaranya Tune Up Utilities, CCleaner, RegCleaner dan masih banyak lagi. Tools-tools tersebut juga bisa membersihkan registry kita dari kesalahan-kesalahan/Error.


11. Optimalkan Virtual Memori

My Computer => Klik Kanan => Properties => (Tab) Advance => (Performance => Setting) => Advanced => (Virtual Memori => Change)


12. Matikan Fitur Start Up Tidak Berguna

1. Start Menu RUN -> Ketik MSCONFIG ->OK / Enter -> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua centang pada Start up kecuali Program Anti virus.

2. Menu service -> Hilangkan centang pada Automatic Updates Setelah itu tekan Apply lalu OK

Komentar