Bangun Tidur jangan buru-buru bangkit, itu Berbahaya Sekali!



Lintasgaul - Sesaat setelah mata terbuka kala bangun tidur, jangan lah buru-buru untuk bangkit dari tempat tidur sob! Biarkan mata Anda terbuka seutuhnya dan tetap berbaringlah untuk beberapa saat. Sebab kebiasaan sepele ini baik untuk sistem peredaran darah.


Cara untuk menghindari postural hipotensi ini, bangun tidur jangan langsung duduk atau berdiri, apalagi berjalan. Buka mata dulu, baru duduk. Setelah merasa seimbang dan aliran darah lancar, baru berdiri dan jalan.


Postural hipotensi adalah penurunan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba, yakni saat mengubah posisi dengan cepat dari berbaring atau duduk ke posisi berdiri. Umumnya kondisi ini terjadi pada lansia, terjadi pula pada mereka yang mengalami mekanisme fisiologis terlambat, dan pada pasien yang sedang menjalani pengobatan dengan obat antihipertensi.


Memang benar ada perubahan tekanan darah yang menyertai perubahan posisi tidur itu. Secara garis besar, ini disebabkan tensi atau tekanan darah yang turun.


Ketika tidur, tekanan darah seseorang merata ke seluruh tubuh dan bahkan ke otak. Diwaktu bangun dan langsung berdiri, konsentrasi darah akan turun ke kaki secara mendadak. Kondisi ini menyebabkan refleks sistem saraf atau saraf pengendalian refleks menjadi terganggu sob.


Ini yang menyebabkan orang mengalami sinkope, yaitu ketidak seimbangan sampai rasanya hampir pingsan, karena suplai darah ke otak terganggu.


Menurut dr Yamin, tidak semua orang mengalami hal ini sob. Yang biasa mengalami postural hipotensi biasanya yang punya penyakit tertentu seperti sakit kencing manis terlalu lama, orang-orang tua atau yang punya kondisi kesehatan tertentu, misalnya memang dari awal tekanan darah atau tensinya rendah.


Penjelasan dr Yamin mengomentari beredarnya pesan yang tersebar di masyarakat melalui sejumlah media. Isi pesan tersebut adalah sebagai berikut:


Dari Dokter Ahli Syaraf.

Para ahli sering berpesan:Setiap orang harus memperhatikan 3 x ½ menit.

Kenapa demikian?

3 x ½ menit adalah sesuatu yg cuma-cuma tetapi akan banyak mengurangi angka kematian secara tiba-tiba.


Sering kali terjadi seseorang siangnya masih sehat walafiat, tetapi malamnya meninggal.

Tidak jarang kita mendengar cerita orang, "kemarin saya masih ngobrol dengan dia, kenapa tiba-tiba dia meninggal?"


Penyebabnya adalah ketika bangun malam untuk ke kamar mandi sering dilakukan secara terlalu cepat.

Begitu berdiri, otak kekurangan darah.

Mengapa perlu "3x ½ Menit"?

Karena pola ECG (Electro Cardiogram) seseorang normal pada siang hari, tetapi bangun tengah malam untuk melaksanakan hajat tiba-tiba gambar ECG itu dapat beda.

Karena dengan tiba-tiba bangun, otak akan menjadi anaemic dan mengalami gagal jantung karena kekurangan darah.


Dianjurkan oleh para ahli untuk menjalan "3 kali ½ menit", yakni:


1. Bila terbangun jangan langsung turun dari tempat tidur, tetapi berbaringlah selama ½ menit.


2. Duduk di tempat tidur selama ½ menit.


3. Turunkan kaki, duduk di tepi ranjang selama ½ menit.


Selewat 3 x ½ menit yang dilakukan tanpa harus membayar sesen pun, otak tidak akan anaemic dan jantung tidak akan mengalami kegagalan, mengurangi kemungkinan jatuh dan meninggal ketika bangun tengah malam.


Share ke orang-orang yang kita kasihi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ya sob!

Komentar