Posisi Tidur Yang Paling Baik



Setiap orang memiliki posisi tidur yang berbeda, ada yang terlentang, ada yang telungkup, ada yang menyamping ada yang NUNGGING dan lain sebagainya. Berbagai variasi posisi tersebut ternyata bisa mendatangkan efek yang berbeda-beda pula pada tubuh kita.


Nah untuk mengenali dampak positif dan negatif gaya tidur Anda berikut penjelasannya sob:


1. Tidur Terlentang

Positifnya: Baik untuk menyeimbangkan berat badan, memelihara organ-organ dalam agar berada pada posisi yang benar, serta menghindari terjadinya nyeri punggung dan leher. Selain itu, posisi tidur terlentang juga baik untuk memelihara kekencangan kulit wajah, karena Anda bisa memanfaatkan daya gravitasi untuk melakukan "face-lift" alami.


Negatifnya: Jika anda salah satu orang yang suka mendengkur, posisi ini bukanlah yang baik untuk anda. Dalam posisi terlentang, otot di sekitar lidah bisa jatuh menghalangi jalan pernapasan sehingga memperparah bunyi dengkuran, bisa-bisa terdengar keseluruh penjuru rumah. Tidur dalam posisi menyamping adalah pilihan yang lebih baik bagi Anda yang sering mendengkur.


2. Tidur Menyamping

Positifnya: Tidur dalam posisi meringkuk ke samping seperti janin dengan lutut menekuk dan guling yang diletakkan di antara kaki berguna meredakan tekanan pada punggung Anda. Kala tidur dalam posisi ini, pastikan Anda menggunakan bantal sehingga posisi kepala senantiasa sejajar dengan tulang punggung, tidak menekuk ke salah satu sisi. Posisi kepala yang menekuk bisa mengakibatkan Anda mengalami sakit leher ketika bangun dari tidur. Tidur dalam posisi menyamping berguna pula untuk meredakan rasa nyeri pada lambung.


Negatifnya: Alhamdulillah sampai saat ini belum ada dampak negatifnya sob. Pasalnya, posisi tersebut adalah yang paling mirip dengan bentuk kurva alami tulang punggung manusia.


3. Tidur Menelungkup

Positifnya: Apabila Anda sering menderita nyeri punggung, maka posisi tidur menelungkup adalah cara tidur terbaik untuk meredakan rasa sakit yang Anda alami. Pada bayi, posisi tidur menelungkup juga berguna untuk membantu menguatkan otot dada dan perut.


Negatifnya: Gaya tidur yang satu ini yang paling banyak mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan sob. Menurut Jonathan FitzGordon, seorang pakar kesehatan tulang punggung dari New York, Amerika, tidur dalam posisi menelungkup bisa meratakan bentuk kurva tulang punggung alami. Selain itu, selama tidur, posisi kepala juga terpaksa menoleh ke salah satu sisi dalam jangka waktu lama. Akibatnya, bisa terbangun dengan rasa nyeri pada daerah seputar kepala, leher, dan bahu.


Nah sekarang silahkan pilih gaya tidur yang terbaik menurut sobat Lintasgaul dan jangan lupa juga, penuhi kebutuhan pokok yaitu tidur 8 jam sehari. (y)

Komentar